lebih sehat mana telur ayam apa telur puyuh ? mari kita simak

    Home/health / lebih sehat mana telur ayam apa telur puyuh ? mari kita simak
lebih sehat mana telur ayam apa telur puyuh ? mari kita simak

lebih sehat mana telur ayam apa telur puyuh ? mari kita simak

Posted in health admin 0

perbedaan kandungan lemak telur ayam sama telur puyuh

Pada dasarnya, kedua telur ini sama-sama bermanfaat untuk kesehatan. Namun kalau dilihat dari kandungan lemaknya, telur ayam cenderung lebih sehat daripada telur puyuh.Terutama bagi Anda yang punya kolesterol tinggi, sebaiknya batasi makan telur puyuh hanya sesekali. Apalagi karena ukurannya kecil, Anda mungkin sering tidak sadar ketika makan telur puyuh dalam jumlah yang banyak.Namun, ini bukan berarti Anda boleh bebas makan banyak telur ayam, ya. Ingat, tetap saja ada kandungan lemak jenuh yang tak boleh disepelekan.Supaya lebih aman dan sehat, olah telur dengan cara direbus atau cara lain yang tidak butuh banyak minyak atau margarin.

Namun kira-kira apakah kandungan gizi telur puyuh bisa kita anggap sama seperti telur ayam?

Jika dilihat dari kandungan gizinya, ternyata kandungan gizi telur puyuh tidak sekecil ukurannya. Dalam ukuran yang sama dengan telur ayam kandungan gizi pada telur puyuh sebagian besar memiliki jumlah yang lebih banyak daripada telur ayam.

Dalam berat yang sama, telur puyuh memiliki kandungan energi yang lebih tinggi 14,9 kkal dibandingkan dengan kandungan energi yang ada pada telur ayam. Hal ini cenderung sama pada zat gizi makro, yaitu karbohidrat, vitamin dan mineral, maupun pada zat gizi mikro, seperti vitamin dan mineral, yang cenderung lebih tinggi pada telur puyuh.

Kandungan yang paling terlihat menonjol pada zat gizi yang ada pada telur puyuh adalah kandungan vitamin A. Dalam 50 gram atau setara dengan 6 butir telur puyuh kita terdapat 270 mcg vitamin A. Angka ini dapat memenuhi lebih dari separuh kebutuhan vitamin A orang dewasa. Sedangkan kandungan vitamin A pada satu butir telur ayam dengan berat 50 gram adalah sebesar 95 mcg vitamin A.

Selain itu berdasarkan Tabel Komposisi Pangan Indonesia yang dikeluarkan oleh Persatuan Ahli Gizi Indonesia, pada telur puyuh terdapat kandungan beta karoten sebesar 80 mcg yang juga dapat mendukung penyerapan vitamin A oleh tubuh.

Namun, telur puyuh juga memiliki kandungan kolesterol yang 2x lebih tinggi dibandingkan dengan telur ayam. Pada satu butir telur ayam terdapat 210 mg kolesterol, sedangkan pada 6 butir telur puyuh terdapat kandungan kolesterol sebesar 440 mg.

Telur ayam ataupun telur puyuh sama-sama memiliki jenis kandungan gizi yang cukup lengkap, tetapi jumlahnya jauh lebih banyak pada telur puyuh. Tapi kita harus hati-hati jika ingin mengonsumsi telur puyuh karena kandungan kolesterolnya cukup tinggi, maka sebaiknya kita membatasi konsumsinya paling tidak 1-2 kali dalam satu bulan saja ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *