5 Fakta mencengangkan Kulit Pisang bagi kesehatan

    Home/health / 5 Fakta mencengangkan Kulit Pisang bagi kesehatan
5 Fakta mencengangkan Kulit Pisang bagi kesehatan

5 Fakta mencengangkan Kulit Pisang bagi kesehatan

Posted in health admin 0

Kulit pisang ternyata memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Di sebagian daerah kulit pisang dibuang begitu saja, karena dianggap sebagai sampah dan limbah yang tak bermanfaat. Padahal jika ditelisik, kulit pisang yang dibuang berjumlah sangat banyak. Dengan demikian, sangat disayangkan jika jumlah kulit pisang yang banyak ini hanya dibuang dan tak digunakan kembali. Saat ini memang pemanfaatan kulit pisang secara nyata masih sedikit. Hanya dijadikan limbah organik atau pakan ternak. Jumlah kulit pisang yang banyak ini sebenarnya akan menguntungkan jika dimanfaatkan dengan benar. Kandungan gizi pada kulit pisang tidak kalah banyaknya dari buah pisang.

Berikut akan dijabarkan mengenai 5 Fakta mencengangkan Kulit Pisang bagi kesehatan wajib kalian ketahui :

  1. Wajah Cerah Berseri Alami
    Memiliki wajah sehat berseri adalah dambaan setiap orang. Caranya sangat mudah, cukup gunakan kulit pisang sebagai masker. Tidak perlu repot dengan membeli alat kecantikan yang mahal harganya, juga melakukan perawatan di dokter kecantikan. Gunakanlah cara alami ini untuk mendapatkan wajah berseri alami. Bagaimana caranya? Cukup mudah saja, gosokkan bagian dalam kulit pisang pada seluruh permukaan wajah sebelum tidur secara merata. Gunakan masker seperti biasa lalu biarkan selama semalaman. Kemudian ketika bangun, cucilah wajah anda menggunakan air hangat. Ingat, anda harus menggunakan kulit pisang yang segar. Kulit pisang yang masih baru dikupas dari buahnya agar mendapatkan hasil yang maksimal dan terbaik.
  2. Mengobati psoriasis
    Penderita psoriasis dapat memanfaatkan kulit pisang sebagai obat alami. Psoriasis adalah penyakit kulit yang ditandai dengan munculnya sisik keperakan dan tambahan warna merah serta perih atau gatal. Apabila sisik ini digaruk akan menyebabkan bintik pendarahan yang cukup sakit. Cara mengatasi penyakit ini dengan menggunakan kulit pisang sebagai olesan pada area yang terkena psoriasis. Anda cukup mengoles atau menggosokkan kulit pisang pada area tersebut secara merata. Efek pertama yang akan terjadi adalah munculnya warna kemerahan pada kulit, namun lama kelamaan warna tersebut akan mereda atau menghilang dengan sendirinya. Ternyata kulit pisang mampu mengatasi penyakit kulit yang berbahaya seperti psoriasis.
  3. Mengobati migrain atau sakit kepala
    Sakit kepala dan migrain tentu akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Penyakit ini biasanya menyerang secara tiba-tiba dan membuat seseorang malas beraktivitas. Namun kulit pisang dapat mengatasi permasalahan itu semua. Kulit pisang bermanfaat untuk mengatasi sakit kepala dan migrain. Caranya bagaimana? Dengan menumbuk kulit pisang lalu tempelkan pada dahi. Caranya sangat mudah dan sederhana dan lakukan terus hingga sakit kepala menghilang. Ya, mungkin dengan membeli obat pereda nyeri kepala akan lebih praktis, namun apa salahnya kita memanfaatkan kulit pisang yang lebih alami dibanding obat pereda nyeri kepala.
  4. Sebagai antidepresi
    Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan oleh para pakar di Amerika, disebutkan bahwa meminum kulit pisang hangat dengan cara dijus akan dapat meredakan emosi. Dalam kulit pisang terkandung triptofan yang dapat memperbaiki suasana hati dengan cara meningkatkan kadar serotonin. Serotonin ini bertanggung jawab dalam menyeimbangkan antara emosi dengan mood seseorang. Oleh karena itu, jika merasa depresi atasi dengan mengonsumsi jus kulit pisang yang terbukti mampu meredakan emosi dan mood.
  5. Mengobati kutil
    Kutil adalah daging tumbuh yang muncul seperti jerawat dan dapat membesar namun tidak berbahaya. Kutil hanya berimbas pada penampilan. Dengan adanya kutil tentu akan membuat seseorang tidak percaya diri. Namun tidak perlu kuatir karena kulit pisang dapat digunakan sebagai obat kutil. Caranya dengan mengambil kulit pisang dan potong sesuai ukuran kutil yang terdapat pada kulit. Lalu tempelkan saat menjelang tidur pada malam hari. Atau bisa juga dengan cara digosokkan kurang lebih selama 10 menit kemudian dibilas. Hasil dari cara ini dapat dirasakan sekitar 8-15 hari kemudian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *